Roadshow Kearsipan

Jakarta, 26 Maret 2018

A.Pendahuluan

1.UMUM
Jakarta (19/2), Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Pemerintah Nomor Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Kepala ANRI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Arsip dan diperkuat dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/231/2017 tentang Pengelolaan Kearsipan pada Satuan Kerja dan Unit Pelaksana Teknis Pusat di Lingkungan Kementerian Kesehatan.Kementerian Kesehatan melalui Biro Umum Sekretariat Jenderal melaksanakan road show ke setiap unit utama di lingkungan Kementerian Kesehatan dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip (GNSTA). Hari ini Tanggal 26 Maret 2018 Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan mendapatkan giliran sosialisasi GNSTA langsung dari Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkes dr. Desak Made Wismarini, MKM., Sosialisasi dilaksanakan di ruang rapat Lt.4 gedung Direktorat P2P Kemenkes yang dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal, eselon III dan IV serta para staf Jabatan Fungsional Arsiparis dan pengelola arsip di lingkungan Dirjen P2P Kemenkes.

2. Maksud dan tujuan.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan arsiparis dan pengelola arsip di lingkungan kemenkes adalah dengan meningkatkan kemampuan SDM yang kompeten dalam bidang arsip. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan, perilaku SDM kearsipan dalam mengelola arsip adalah dengan mengadakan roadshow kearsipan.

3.Ruang Lingkup

Roadshow ini diselenggarakan dengan maksud meningkatkan kesadaran pimpinan, arsiparis dan
pengelola arsip di lingkungan Direktorat Jenderal P2P kementerian Kesehatan dan 3 UPT yaitu
BBTKLPP Jakarta, KKP Bandara Soekarno-Hatta, KKP Tanjung Priok agar mengelola repositori
arsipnya dengan baik yang sesuai dengan kaidah dan standar kearsipan yang berlaku.

4.Dasar

– Surat Undangan Sekretaris Direktorat Jenderal P2P kementerian Kesehatan RI, 22 Maret 2018
– Surat Tugas Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit
Jakarta, 26 Maret 2018.

B. Kegiatan Yang dilaksanakan :
“Roadshow kearsipan”dilaksanakan Tanggal 26 Maret 2018 di gedung Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan Jakarta . Dihadiri Peserta dari lingkungan Dirjen P2P Kementerian kesehatan dan UPT nya

C.Hasil yang ingin dicapai
Terselenggaranya pengelolaan arsip yang sesuai dengan standar yang berlaku di indonesia khususnya di Instansi Kementerian Kesehatan .Dengan pengelolaan arsip yang benar diharapkan pengelolaan dokumen di lingkungan Kementerian Kesehatan dapat dikelola dengan baik sehingga memudahkan dalam temu kembali dan di dalam mendukung tugas pokok dan fungsi lembaga

D.Kesimpulan dan saran

Roadshow, Lokakarya,Pendidikan dan pelatihan i merupakan keharusan di dalam organisasi dalam rangka meningkatkan standar pelayanan dan pengelolaan administrasi pemerintahan di dalam mendukung program-program rencana pembangunan (RPJP) Pemerintah .