Anda Memasuki Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani .:: || ::.

Pertemuan Persiapan / Surveilans Sentinel Japanese Encephalitis di DKI Jakarta

Tanggal Pelaksanaan : 7 – 9 Mei 2018

Hasil Kegiatan :

  • Untuk Surveilans Sentinel JE :
  1. RSUD dr. Soedarso sentinel JE Kalimantan Barat dan RSUP Hasan Sadikin sentinel JE Jawa Barat, yang akan berperan langsung adalah tim RS sentinel, packing sampel dan pengirimannya dilakukan oleh petugas laboratorium RS sentinel dan langsung dikirimkan BBTKLPP Jakarta melalui kargo
  2. RSUP Cipto Mangukusumo sentinel DKI Jakarta, packing sampel dan pengirimannya dilakukanoleh petugas laboratorium RSCM dan akan diambil oleh petugas dari BBTKLPP Jakarta.
  3. Sentinel RS menginformasikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi / Suku Dinas Kesehatan/ Dinas Kesehatan Kab/Kota mengenai jumlah kasus suspek yang dikirim spesimennya dan data-data epidemiologinya. Hal ini untuk kepentingan respon Penyelidikan Epidemiologi ke lapangan.
  1. Perluasan jejaring sentinel JE dalam skrining kasus suspek JE / AES kepada RSUD dan RS swasta sekitar RS sentinel, dengan Dinas Kesehatan mensosialisasikan program Surveilans Sentinel JE dan meminta RS sekitar RS sentinel jika ditemukan kasus AES/ suspek JE diambil spesimen serumnya dan dikrimkan ke RS sentinel terdekat sedangkan pasien tetap dirawat di RSUD atau RS swasta terkait.
  2. RS sentinel JE yang berstatus RS pendidikan, spesimen yang diambil pada kasus AES adalah serum darah dan cairan serebrospinal untuk dikirim ke BBTKLPP Jakarta.
  • Metode pemeriksaan S3A masih dengan metode PCR dan triopleks (Dengue-Chikungunya-Zika), sedangkan JE dengan ELISA