Anda Memasuki Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani .:: || ::.

PERTEMUAN PENINGKATAN KAPASITAS TENAGA LABORATORIUM dalam rangka PELATIHAN GOOD WEIGHING PRACTICES (GWP) DI BBTKLPP JAKARTA TAHUN 2018

  1. Pendahuluan

Laboratorium BBTKLPP Jakarta merupakan salah satu pendukung penilaian kesesuaian dalam mengkonfirmasi pemeriksaan parameter dari kesehatan lingkungan, faktor risiko penyakit dan inspeksi sanitasi menjadi perhatian yang penting, oleh sebab itu pembekalan terhadap tenaga teknis laboratorium dipandang perlu untuk dilakukan, sehingga masing-masing tenaga teknis laboratorium memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Diantara aspek yang harus diperhatikan dalam kegiatan di laboratorium salah satunya adalah penimbangan. Penimbangan baik untuk pembuatan media, pembuatan larutan, dan pengukuran bobot pada metode gravimetri yang memiliki potensi besar terhadap hasil pemeriksaan, dengan demikian penimbangan pun memiliki risiko dan memberi kontribusi terhadap simpangan hasil pemeriksaan.

Sesuai standar laboratorium ISO/IEC 17025:2017, laboratorium harus dapat memetakan seluruh risiko-risiko yang ada terkait kevalidan pengujian. Risiko Penimbangan dapat diminimalkan bila tenaga teknis laboratorium memahami prinsip-prinsip cara menimbang yang benar/Good Weighing Practices (GWP). Dengan demikian pendalaman/pelatihan GWP dipandang perlu dilakukan oleh tenaga teknis laboratorium BBTKLPP Jakarta

  1. Pelaksanaan Kegiatan

Nama Kegiatan                : Pelatihan Good Weighing Practices (GWP)

Tanggal                            : 22 Mei 2018

Tempat pelaksanaan       : Ruang Lt 4 BBTKLPP Jakarta

Fasilitator                          : Bapak Johanes – ALMEGA GROUP

Peserta                             : Kasie Teknologi Laboratorium

Kasie Teknologi Pengendalian Penyakit

Staf Instalasi Laboratorium Kimia

Staf Instalasi Laboratorium B3

Staf Instalasi Laboratorium Udara

Staf Instalasi Laboratorium Biologi

Staf Instalasi Laboratorium PTM

Staf Instalasi Laboratorium Mikrobiologi

Staf Instalasi Laboratorium Kalibrasi

Staf Instalasi Pengendalian Mutu

Staf Bidang PTL

Jumlah Peserta                : 34 orang.

 

  • Agenda Kegiatan

Pelatihan Good Weighing Practices

Kegiatan yang dilaksanakan:

  • Pembukaan
  • Penyampaian materi :
  1. Good Weighing Practices (4 JPL)
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi penimbangan (1 JPL).
  • Sesi Diskusi dan tanya jawab
  • Penutupan

 

  1. Hasil Kegiatan
  • Kesalahan-kesalahan yang berkaitan dengan penimbangan akan berdampak dengan hasil pemeriksaan yang merupakan output dari laboratorium. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menimbang, dan perlu diperhatikan bahwa menimbang dapat berisiko terhadap proses pemeriksaan selanjutnya, keamanan/kesehatan dan anggaran.
  • Good Weighing Practice sebuah panduan global pertama yang diciptakan
    oleh METTLER TOLEDO untuk mengevaluasi dan menguji sistem
    penimbangan. Good weighing Practices merupakan sebuah pendekatan berbasis risiko yang menterjemahkan pedoman menjadi prosedur yang diikuti oleh setiap tenaga teknis laboratorium dengan jelas dan langsung dapat diterapkan dalam praktek sehari-hari. Sebagai pendekatan yang melingkupi rangkaian aktivitas evaluasi, seleksi, instalasi, kalibrasi dan pengoperasian sistem penimbangan
  • Daya baca/ readability dari sebuah timbangan dapat secara elektronik diubah ke nilai berapapun yang sama sekali TIDAK MENCERMINKAN AKURASI dari timbangan tersebut. Yang perlu diketahui adalah ketidakpastian penimbangan dan batas penimbangan terkecil sebuah timbangan. Ketidakpastian penimbangan harus lebih kecil dari akurasi 1% yang dibutuhkan.
  • Lingkungan/ruang penimbangan harus memenuhi persyaratan, diantaranya: kelembaban/humidity ruang berada pada rentang 50 ± 5 % dengan temperatur maksimal 220C, air flow dll.
  • Simpangan yang dapat diterima dari sebuah penimbangan yang memenuhi keberterimaan adalah 0,1 – 1 % nilai koreksi
  • Faktor-faktor pengaruh lingkungan terhadap penimbangan; pengaruh temperatur, Absorbsi dan evaporasi, aliran udara, perubahan tekanan, radiasi panas, derajat kemiringan, getaran, medan elektrostatik, medan magnet.
  • Pelatihan ini bersertifikat dari PT. ALMEGA dengan waktu 5 JPL.

 

  1. Kesimpulan

Telah dilakukakan pelatihan Good Weighing Practices bersertifikat (5 JPL) pada tenaga teknis laboratorium BBTKLPP Jakarta sebanyak 34 orang.

 

  1. Tindak Lanjut

Yang harus dilakukan sebagai sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini adalah:

  • Menginventarisir dan memverifikasi wadah yang digunakan untuk penimbangan;
  • Menginventarisasi kapasitas timbangan, dan
  • Menghitung MPE (menghitung akurasi dan repeatibility dari masing-masing timbangan dan analisis yang digunakan untuk menentukan frekuensi waktu Performance Check/verifikasi timbangan, walaupun terdapat sebagian timbangan telah dilakukan penghitungan tersebut.

 

Demikian laporan hasil pelaksanaan pelatihan Good Weighing Practices. Mohon arahan Bapak Kepala Balai.

 

Jakarta, 24 Mei 2018

Pelaksana

 

 

 

Bidang PTL