Anda Memasuki Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani .:: || ::.

PELAKSANAAN PENDAMPINGAN/ORIENTASI UJI KUALITAS RDT MALARIA BAGI PETUGAS LABORATORIUM PUSKESMAS DI KABUPATEN PANGANDARAN, 11-14 MARET 2019

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman teknis yang sama bagi tenaga laboratorium puskesmas mengenai metode pengambilan sampel, pembuatan sediaan, pelarutan reagen, pemeriksaan kualitatif & kuantitatif mikroskopis (penghitungan parasit), pemeriksaan RDT malaria serta uji spesifitas & sensitifitas

Peserta pendampingan berjumlah 11 orang yang berasal dari 8 Puskesmas dan Labkesda. Latarbelakang pendidikan peserta latih Analis kesehan, kecuali 1 orang dari pemegang program malaria dari Puskesmas Kalipucang. Akhir kegiatan setiap peserta latih mendapat sertifikat dari BBTKLPP Jakarta, dengan bobot sertifikat 13 JPL. Profil peserta terlampir.

Orientasi/pendampingan teknis tersebut merupakan salah satu tahapan dari kegiatan Uji Kualitas RDT Malaria di Kabupaten Pangandaran/Sukabumi dalam rangka percepatan program eliminasi malaria di wilayah layanan sesuai surat edaran Menteri Kesehatan RI No. HK..02.01/MENKES/584/2018.

Pendalaman Materi Orientasi Uji Kualitas RDT Malaria

Hasil orientasi secara umum peserta latih memahami materi dan mampu melakukan pengambilan sampel, pembuatan dan pewarnaan sediaan, pemeriksaan mikroskopis malaria secara kualitatif dan pemeriksaan RDT malaria. Sedangkan pemeriksaan mikroskopis secara kuantitatip (penghitungan parasit) masih diperlukan pelatihan/pemantapan lebih lanjut bagi peserta latih.

Praktek Tatalaksana RDT, mikroskopis dan Sediaan Darah Malaria

Rekomendasi : untuk meningkatkan kompetensi peserta latih diharapkan tidak berhenti berlatih melakukan pemeriksaan sediaan malaria, jika tidak terdapat sampel dapat menggunakan slide standart atau dapat melakukan tebak gambar jenis parasit malaria menggunakan link WHO, karena pengalaman membaca sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi personil.