KUNJUNGAN PEMBELAJARAN/PENERAPAN APLIKASI KE BBTKLPP YOGYAKARTA

Yogyakarta, 25-27 April 2018

A. Pendahuluan

  1. Umum

Teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh setiap instansi. Secara individual maupun secara instansi tidak bisa terlepas dari teknologi informasi. Teknologi ini sangat membantu dalam setiap pekerjaan agar menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien.

 

  1. Maksud dan Tujuan

Membandingkan sistem yang sudah berjalan untuk dievaluasi agar sistem menjadi lebih sistematis, efektif dan efisien. Kegiatan ini bertujuan saling berbagi dan melengkapi sistem aplikasi yang sudah ada, serta membuat daftar kebutuhan sistem aplikasi di masa yang akan datang.

  1. Ruang Lingkup

Aplikasi yang sudah/akan diterapkan oleh BBTKLPP Jakarta dan Yogyakarta.

  1. Dasar

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 2349/MENKES/PER/XI/2011 Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Bidang Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, BBTKLPP Jakarta dan Yogyakarta memiliki kesamaan tugas pokok dan fungsi.

B. Kegiatan yang Dilaksanakan

Kunjungan pembelajaran tentang sistem informasi aplikasi pada tanggal 25-27 April 2018. Kepala Instalasi Teknologi Informasi (Mardiansyah, S.Kom) mempresentasikan dan mendiskusikan secara garis besar sistem aplikasi kedua pihak. Mencari persamaan dan perbedaan sistem dan memadukan agar sistem bisa lebih efektif dan efisien.

C. Hasil yang Dicapai

BBTKLPP Yogyakarta saat ini memiliki sistem aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Laboratorium (SIL). SIL terdiri dari beberapa modul di antaranya;

  1. Laporan Hasil Pengujian (LHU)
  2. Pengelolaan Barang
  3. Kearsipan
  4. Keuangan
  5. Kepegawaian
  6. Perencanaan dan Pelaporan (sedang dikembangkan)

BBTKLPP Jakarta memiliki beberapa aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang akan dikembangkan antara lain

  1. Sertifikat Hasil Uji
  2. Rekapitulasi absensi
  3. Surat masuk
  4. Surat keluar
  5. Monitoring Kinerja

 

Dari hasil diskusi yang kami lakukan, ada beberapa perbedaan tentang aplikasi laboratorium, antara lain:

No. SIL SIM
1 Penginputan nama parameter dilakukan secara manual satu per satu dengan data sangat banyak. Memerlukan waktu yang lama. Penginputan sudah bisa langsung dari file excel, tidak satu per satu, jadi bisa lebih cepat.
2 Instalasi yang bisa mencetak hasil sementara hanya lnstalasi Biologi dan Pelayanan Semua instalasi sudah bisa mencetak hasil sementara untuk diperiksa oleh kepala instalasi
3 Jika terjadi kesalahan data, maka perbaikan harus dibatalkan secara bertahap, dan diperbaiki dari bagian yang salah ke tahap akhir lagi. Jika ada kesalahan bisa diperbaiki langsung pada bagian yang salah.
4 Hasil LHU belum bisa diekspor ke excel untuk pengolahan data lebih lanjut. Hasil SHU bisa diekspor ke excel dalam bentuk rekapitulasi untuk pengolahan data lebih lanjut
5 Sistem sudah terhubung dengan Simponi Sistem belum terhubung dengan Simponi
6 Belum ada tampilan tanggal jika sampel sudah melewati batas hari pemeriksaan. Sudah ada tampilan tanggal jika sampel sudah melewati batas hari pemeriksaan
7 Sudah terekapitulasi berdasarkan jenis konsumen Sudah terekapitulasi berdasarkan jenis sampel

 

 D. Simpulan dan Saran

Setelah melakukan studi banding ada beberapa aplikasi yang bisa diterapkan di BBTKLPP Jakarta dan Yogyakarta namun diperlukan beberapa penyesuaian.

B/BTKLPP menginventaris kebutuhan aplikasi dan dapat berbagi biaya (cost sharing) untuk saling melengkapi kebutuhan di masing-masing instansi.

 E. Penutup

Demikian laporan ini kami buat sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam melaksanakan perintah tugas kedinasan.